PANTI SOSIAL BINA NETRA CAHAYA BATHIN

Tahun 1958 berdiri suatu Yayasan yang bernama Panti Karya Asuhan Budi yang kegiatannya menampung hasil Razia yang dilaksanakan oleh Pemda Provinsi DKI Jakarta. Kemudian pada tahun 1984 diambil alih oleh Pemda DKI Jakarta dengan nama Panti Penyantunan dan Rehabilitasi Khusus Tuna Netra. Tahun 1986 sesuai dengan SK Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 736 berbuha nama menjadi Panti Sosial Bina Netra Cahaya Bathin ( PSBN ).

Panti Sosial Bina Netra Cahaya Bathin menerima warga binaan sosialnya melalui dari beberapa sumber seperti dari hasil razia di 5 wilayah DKI Jakarta, kiriman dari Seksi Dinas Bintal Keos Kecamatan, tokoh masyarakat, PSM, Pokja Kesuma, Organisasi Social, hasil dari penjangkauan karyawan panti, dan hasil bawaan dari keluarga atau warga binaan social lainnya yang sedang/pernah tinggal di panti. Kemudian daya tampung Panti Sosial Bina Netra Cahaya Bathin Cawang sebanyak 100 orang/WBS dengan kondisi mayoritas buta total. Sedangkan sebagian lainnya dalam kondisi low vision, bahkan ada beberapa anak juga dalam kondisi double handicap. PSBN Cahaya Bathin Cawang memberikan pelayanan, perawatan, rehabilitasi dan resosialisasi serta pembinaan lanjutan terhadap penyandang tunanetra. Pembinaan lanjutan yang diberikan adalah bimbingan penyesuaian kerja, kemudian memonitoring, dan mengevaluasi.

Fungsi PSBN Cahya Bathin yaitu pendataan, motivasi, observasi, identifikasi, pelayanan, penampungan, pengasramaan, melaksanakan pembinaan fisik dan mental, melaksanakan bimbingan keterampilan kerja, bantuan social, melaksanakan penyaluran kepada keluarga, lingkungan kerja dan sekolah, sera melaksanakan pembinaan lanjutan.

Setiap harinya penyandang tunanetra PSBN Cahaya Bathin Cawang menghabiskan waktu mereka di dalam asrama dengan mengikuti berbagai macam kegiatan yang diluar sekolah, seperti keterampilan seni musik, keterampilan pijat massage sport, shi-atsu, refleksi, keterampilan hasta karya/kerajinan tangan, belajar membaca Al Qur’an/mengaji, marawis, senam, menari, orientasi mobilitas, warjok,  dll. Sedangkan penyelenggaraan pendidikannya di PSBN Cahaya Bathin setara dengan SLB – A.

Bentuk penyaluran yang dilakukan PSBN Cahaya Bathin bisa berupa dikembalikan kepada keluarganya, penempatan pada lingkungan kerja, melanjutkan sekolah yang lebih tinggi, atau merujuk kepada lembaga yang sesuai dengan kemampuan warga binaan social.

 

PANTI SOSIAL BINA NETRA CAHAYA BATHIN

Jl. Dewi Sartika No. 200 Cawang Jakarta Timur

(Belakang RS. Budi Asih)

Telp/Fax: 021-8092357


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s