Tentang Workshop Broadcast di Panti Bina Netra

Siapa sangka suara yang merdu jika bernyanyi, tutur kata yang rapi jika bercerita, dan humoria yang menyegarkan jika bercanda juga berasal dari mereka para penyandang tuna netra? Meskipun mereka tidak bisa melihat, baik sejak bayi maupun ketika dewasa, mereka tidak berputus asa. Mereka tetap melakukan kegiatan belajar, bahkan kegiatan seperti “mendengarkan” Televisi, mendengarkan radio, bermain alat musik, bernyanyi, menari dan membuat prakarya juga sering dilakukan oleh beberapa orang di Panti Bina Netra  layaknya orang yang bisa melihat dunia dan tetap semangat menjalani hari.

Semangat merekalah yang kami manfaatkan untuk mengadakan Workshop Broadcast Sharing For People. Pelatihan gratis ini akan berlangsung selama 9 minggu, yaitu sejak Hari Minggu, 15 Januari 2012, Hingga 25 Maret 2012 mendatang, yang diadakan di Aula Panti Bina Netra. Sebanyak 47 orang yang tinggal di Panti Bina Netra ikut berpartisipasi sebagai peserta.

Pelatihan ini mencoba memberikan pandangan lain terhadap kemampuan  penyandang tuna netra. Kami percaya mereka bisa menjadi apapun yang mereka inginkan, jika mereka diberikan kesempatan. Tujuan diadakannya Workshop Broadcast adalah untuk memberikan pemahaman dan pelatihan ilmu penyiaran kepada teman-teman Panti sebagai peserta, serta memotivsi dan memberikan kesempatan untuk mengambangkan potensi lainnya di dunia penyiaran.  Mereka semua menerima transfer ilmu dari pengisi materi seputar :

  • Ilmu dasar penyiaran,
  • mencari dan menulis berita,
  • Teori dan simulasi penulisan ide cerita,
  • Teori dan simulasi siaran televisi dan radio,
  • Serta teori dan simulasi tim kreatif televisi.

Materi-materi tersebut diberikan dengan maksud turut memberikan bekal kepada teman-teman tuna netra dalam ‘memaparkan ide cerita’, ‘menulis’, dan ‘kemampuan berbicara didepan khalayak umum’. Tujuannya untuk melatih kepercayaan lebih pada diri mereka, dan agar lebih siap jika berkomunikasi dengan orang banyak.

Untuk  sumber  ilmu yang pas dengan tema pelatihan, maka materi workshop ini diberikan oleh para praktisi yang berpengalaman di bidang broadcast.

Pada tanggal 26 Februari 2012 nanti, untuk simulasi siaran radio, InsyaAllah akan dilakukan di ruang siaran Radio C-fm, yaitu Radio kampus Al-Azhar Indonesia, Kebayoran. Jadi realisasinya  peserta akan digiring untuk mencoba siaran di studio, loh!  Dan yang tidak kalah seru, kegiatan ini juga turut mengundang public figure pada bulan Maret 2012 mendatang. Ayo.. siapa ya kira-kira yang akan datang? Tunggu kabar selanjutnya!😉 Pada akhir pertemuan Workshop Broadcast, para peserta mendapatkan sertifikat pelatihan yang bertujuan untuk bekal jika mereka ingin melamar pekerjaan di satu perusahaan baik media maupun non-media.

Alhamdulillah kegiatan yang baik ini mendapat perhatian serta bantuan dari banyak pihak. InsyaAllah Workshop Broadcast seperti ini tidak hanya berhenti di bulan Maret 2012 nanti. Sambil menjalankan yang tengah berjalan, konsep untuk workshop kedepannya terus disusun. Harapan dan doa kami adalah, agar kegiatan  ini dapat menjadi bekal teman-teman Panti Bina Netra, untuk menjadi apapun yang  baik. Meskipun mata mereka tidak melihat, tetapi mudah-mudahan mata hati mereka bisa melihat dengan jernih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s