Tentang Asrama Yatim – Islamic Center Ar-Rahmah

Asrama Yatim, Islamic Center Ar-Rahmah adalah sebuah lembaga yang diprakarsai pendiriannya oleh tiga yayasan, yaitu Yayasana Kesejahteraan Muslim Raflesia, Yayasan Fajar Hidayah, dan Yayasan Jam’iyyah Ar-Rahmah. Lembaga ini didirikan atas kepedulian bersama terhadap ketiadaan tempat ibadah bagi warga muslim didalam perumahan Bukit Raflesia pada waktu itu. Selanjutnya lembaga ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang positif terhadap pengembangan kegiatan da’wah, sosial, kemasyarakatan yang signifikan dalam perumahan dan sekitarnya pada khususnya dan daerah jalan alternatif Cibubur pada umumnya.

Ide awal adalah kebutuhan sebuah tempat ibadah (masjid) dalam perumahan Bukit Raflesia yang pada waktu itu sama sekali belum ada, dan sampai sekarang belum ada kecuali lembaga ini. Namun dalam perkembangannya Yayasan Kesejahteraan Muslim Raflesia menghadapi kebuntuan dalam hal pengumpulan dana sehingga coba melakukan koordinasi dengan Yayasan Fajar Hidayah, dan hasilnya Alhamdulillah, melalui rekanan Fajar Hidayah yaitu Jam’iyyah Ar-Rahmah tertarik untuk bergabung mencarikan dana pembangunan dari donatur Timur Tengah yang pada akhirnya berkembang ide menjadi Islamic Center, didalamnya ada masjid, Asrama Yatim dan kelas untuk pendidikan Al-Qur’an. Atas kesepakatan ketiga lembaga ini dan didukung penuh oleh PEMDA DEPOK melalui surat perjanjian bersama yang ditanda tangani oleh Walikota Depok, Camat Cimanggis, dan Lurah Harjamukti beserta para pengurus Yayasan Kesejahteraan Muslim Raflesia dengan Yayasan Jam’iyyah Ar-Rahmah dan tidak ketinggalan Yayasan Fajar Hidayah, maka dimulailah pembangunan yang ditandai dengan peletakan batu pertama pada tanggal 25 April 2001 dan dihadiri oleh pejabat PEMDA DEPOK dan tokoh masyarakat.

Asrama Yatim Islamic Center Ar-Rahmah bertujuan untuk menciptakan generasi bangsa yang profesioanal yang memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kokoh dan punya komitmen untuk menyebarkan Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin. Dan sebagai wujud kepedulian terhadap pencapaian tujuan tersebut, Islamic center Ar-Rahmah melalui kegiatan Asrama Yatim melakukan pembinaan anak yatim, yatim piatu dan Dhua’fa dengan cara mengasah kecerdasan intelektual, emosioanl dan spiritual sebagai modal menyongsong masa depan.

Asrama Yatim Islamic Center Ar-Rahmah telah dan terus meningkatkan ruang lingkup kegiatan kegiatannya, antara lain pembinaan anak yatim, yatim piatu dan dhua’fa yang berpotensi baik dan melengkapi seluruh kebutuahannya, serta menyelenggarakan acara lomba dan yang lainnya khusus anak yatim. Hingga saat ini anak asuh Asrama Yatim Islamic Center Ar-Rahma berjumlah 58 anak yang berasal dari berbagai macam daerah seperti Aceh, Padang, Tapanuli, Tegal, Pati, Nias, NTB, dan daerah sekitar JABODETABEK.

Untuk mengasah kemampuan anak asuh dalam IQ, EQ dan ESQ maka anak asuh dibina dan dididik dengan pendidikan dasar SD hingga SMA. Sampai saat ini Asrama Yatim Islamic Center Ar-Rahmah telah meluluskan tiga angkatan SMA, dan beberapa diantaranya mendapatkan beasiswa kuliah didalam serta luar negeri seperti di Al Azhar Kairo Mesir (1 orang), Urindo (3 orang), Universitas Bangsa-bangsa Malaysia, Universitas Jayabaya, Tazkia Institut (7 orang), LIPIA Jakarta (2 orang), dan SEBI Institut (1 orang). Sedangkan prestasi lainnya yang pernah diraih adalah Juara Umum Taekwondo Kab. Bekasi, dan Juara I Kaligrafi SMA Kab. Bogor.

 

ISLAMIC CENTER AR-RAHMA

Raffles Hills – Cibubur

Samping Ruko Depan Perum Raffles Hills

Jl. Alternatif Cibubur, Harjamukti Cimanggis Depok Jawa Barat 1954

Telp/Fax. 021 – 8459 9493  Hotline 021 – 7070 7657

Email: arrahma.raffles_hills@yahoo.co.id

Address: asramayatimarrahma.blogspot.com / rumahyatimarrahmah.blogspot.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s