Selaksa Cahaya di Ar-Rahmah

Ahad, 05 Februari 2012 menjadi hari yang penuh cahaya di Panti Yatim Putra, Islamic Centre Ar-Rahmah, Cibubur. Selaksa sinar seakan menerangi hati para penghuni panti yang mengikuti acara hari itu. Mereka dengan semangat berkumpul di aula menanti para pengisi acara datang dan membagikan sinar keilmuannya. Kami sebagai penyelenggara berharap acara ini akan berjalan lancar hingga akhir.

Allah telah memastikan dalam salah satu firman-Nya “Shalat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar”. Namun pada kenyataannya, tak sedikit orang yang meski rajin menjalankan shalat namun tetap berbuat maksiat. Apa sebabnya? Bisa jadi karena mereka tidak memaknai hakikat amalan pertama yang dihisab ini. Bagaimana bisa memaknai, jika arti dalam setiap bacaan pun tak sedikit pun diketahui. Atas dasar inilah Kami menyelenggarakan Pelatihan Paham Arti Bacaan Shalat. Tujuannya tak lain adalah menyebarkan makna setiap bacaan dalam shalat dan berusaha mengamalkannya dalam setiap sendi kehidupan..

Para pengajar yang datang begitu antusias menyampaikan materinya. Teknik mengajar pun terasa tidak monoton dan nampak menyenangkan bagi anak-anak usia sekolah yang ada di Panti ini. Materi ini memang harus disampaikan secara menarik agar mengena di hati para peserta pelatihan. Karena itu, kami pun menyelipkan kuis dan cerdas cermat berhadiah sebagai motivasi tambahan bagi para peserta agar menyimak setiap materi yang disampaikan para pengajar. Hasilnya? Alhamdulillah, mereka semua mengerti arti setiap bacaan dalam shalat. Semoga tak sekedar dihafal melainkan tetap dimaknai sepanjang hidup ya….

Pelatihan Paham Arti Bacaan Shalat, menjadi pembuka materi yang lain. Pelatihan dilanjutkan dengan materi ilmu jurnalistik dan penyiaran. Tujuannya agar anak-anak di panti asuhan mendapatkan kesempatan mengasah dan menambah kepercayaan diri untuk berbicara dan mengemukakan pendapat di depan umum. Selain itu, Kami juga memberikan materi pelatihan menulis yang bertujuan untuk membekali mereka dengan ketrampilan mengolah kata dan menyampaikan pendapat lewat tulisan.

Selaksa sinar bagi para Anak-anak ladang amal menuju surga ini, tak ingin kami hentikan hanya hingga Ahad itu. Karena Kami berencana akan menggelar acara yang sama untuk Panti Asuhan dan juga tempat lainnya. Semoga Allah senantiasa meridhoi langkah Kami…., Sekedar Ingin Menjadi Yang Baik, Be A Good One….

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s