Seteguk Asa di Panti Asuhan Tarbiyyatul Falah

Namanya Mulyadi. Biasa dipanggil “Mul”. Badannya kecil, tak seperti anak berusia 8 tahun. Tingkahnya menggemaskan. Matanya penuh rasa ingin tahu bila ia  memperhatikan sesuatu yang baru. Mulutnya tak henti bertanya, “Apa itu? “Kenapa itu?”. Tapi sikapnya yang tak bisa diam, membuat kami tak pernah berhasil menjelaskan apapun hingga tuntas. Haha😀

Sekilas orang tak akan mengira, Mulyadi  menyimpan cerita kelam di balik kehidupan yang baru ia jalani 8 tahun ini. Ayahnya, seorang dhuafa, meninggal dunia 3 tahun yang lalu karena sakit. Mul harus  tinggal bersama Ibunya yang mengalami tekanan luar biasa. Anak kecil yang saat itu baru berusia 5 tahun ini pun, sering menjadi pelampiasan kesedihan dan kemarahan Ibu kandungnya. Mul kerap dikasari, hingga membuat para tetangga iba dan berinisiatif membawa Mulyadi ke tempat yang lebih aman. Mul dititipkan di Panti Asuhan Tarbiyyatul Falah, Cimatis – Cimanggis.

Panti Asuhan Tarbiyyatul Falah dirintis oleh Hj. Siti Aminah bersama sang suam, H. Udin Sanudin. Sebelum suami istri ini membangun Panti Asuhan, mereka sudah lebih dulu memiliki TPA Tarbiyyatul Falah tahun 1976. Pada tahun 1980-an Siti Aminah mengasuh 4 orang keponakannya, kemudian tahun 1996 Siti Aminah mendapat titipan anak yatim piatu dan dhuafa dari luar sebanyak 9 anak yang tinggal bersama di rumahnya. Seiring berjalannya waktu, anak yatim piatu dan dhuafa yang diasuh Ibu berusia 50an ini bertambah menjadi 20-an anak.

Pada tahun 1996, Siti Aminah mendapat tanah warisan dari kedua orang tuanya, yang kemudian tanah tersebut ia wakafkan untuk dibangun sebagai sebuah panti asuhan. Tahun 2001 Panti Asuhan Tarbiyyatul Falah mulai dibangun, dananya berasal dari keluarga dan donatur yang merupakan warga sekitar. Awalnya asrama Panti Asuhan yang berdiri di atas tanah seluas lebih dari seribu meter persegi ini, hanya menggunakan pembatas triplek saja. Tetapi pada tahun 2007 disaat anak-anak asuhnya bertambah menjadi 45 anak, Siti Aminah mendapat sumbangan kembali dari donatur untuk melanjutkan pembangunan panti.

-Ibu Siti Aminah, baris kedua, kedua dari kiri-

Saat ini, terdapat 96 anak yang diasuh oleh Siti Aminah dan keluarganya. Ada yang berstatus sebagai anak yatim piatu, yatim, piatu, dan juga dhuafa. Sebagian anak asuh di Panti Asuhan ini berasal dari daerah sekitar Cimanggis, dan sebagian lainnya berasal dari luar daerah seperti dari Serang Banten, Jatikarya, Bogor, Sukabumi, Jawa Tengah, Bekasi, dan Tasik.

Hampir semua anak asuh di Panti Asuhan ini disekolahkan. Ada 25 anak yang bersekolah di SMK/SMA, 40 anak usia SMP, 35 anak usia TK sampai SD, dan 1 orang balita berusia 18 bulan. Khusus anak-anak usia SD, sekolah tempat mereka belajar memberikan fasilitas pendidikan gratis bagi anak-anak yatim piatu dan dhuafa dari PA Tarbiyyatul Falah. Sedangkan anak-anak usia SMP/SMK/SMA mendapatkan keringanan biaya sebesar 50% dari biaya sekolah per bulan dari sekolah mereka.

Pengurus Panti Asuhan “hanya” harus menyediakan biaya transportasi, dan tentu saja makan 3 kali sehari untuk semua anak.Selain itu, mereka juga berusaha mengadakan kegiatan-kegiatan positif lainnya di luar jam sekolah anak-anak.  Ada tadarus setelah shalat subuh dan shalat maghrib hingga malam, kemudian ada juga marawis dan kosidahan setiap sore, bela diri setiap malam sabtu, dan futsal dihari libur.

Mulyadi hanyalah satu dari 96 anak yang mendapatkan limpahan kasih sayang dari keluarga luar biasa yang ada di wilayah Cimatis – Cimanggis ini. Sampai hari ini, bahkan Mul masih tidur bersama Bu Mien dan Pak Haji, begitu Mul menyebut kedua orang tua asuhnya. Mulyadi dan anak-anak asuh lainnya di PA Tarbiyyatul Falah selalu bersyukur kepada Allah SWT, karena Yang Maha Kuasa selalu memberi mereka seteguk asa dan impian, melalui uluran tangan keluarga Siti Aminah, pengurus panti yang lain, dan para Donatur.

Semoga Allah SWT mengizinkan dan meridhoi anak-anak shalih dan shalihah di Panti Asuhan Tarbiyyatul Falah ini untuk menjadi seseorang yang bermanfaat bagi sesamanya, saat dewasa nanti. Menjadi apapun.. yang baik.🙂

PANTI ASUHAN TARBIYATUL FALAH

Jl. Swadaya II, Cimatis – Cimanggis, Bekasi.

(Masuk dari perempatan Kranggan – Alternatif Cibubur, ke arah Bukit Golf/Cimanggis)

Telp. 021 – 845 1368

Ibu Haji Siti Aminah ( Hp. 0856 9417 5082)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s