Bahagia itu Melihat Orang lain Bahagia

Kisahku Waktu Tinggal di Panti Asuhan Al Hidayah

            Awalnya aku tidak menyangka bakalan tinggal di Panti Asuhan. Aku tinggal disini dari bayi. Aku gak tau orang tuaku dimana, mengapa mereka tega meninggalkanku disini., padahal aku tidak tau apa salahku.

Ya Allah kapan aku bisa bertemu sama kedua orang tuaku, aku sangat merindukannya. Aku hanya bisa berdoa supaya orang tuaku menjemputku kesini. Tapi, aku berterima kasih kepada Bapak H. Nasrullah dana Mamah Hj. Latipah yang telah mengurus aku disini.

Kesan              : Waktu makan bersama di Panti.

Pesan              : Semoga Panti Asuhan Al Hidayah tambah sukses.

Cita-cita          : Aku ingin menjadi Guru PKN, dan menjadi orang yang sukses.

                          Amin…

 

Cicah Siti Napisah

Panti Asuhan Al Hidayah, Cianjur Selatan

 —–

Cerita diatas adalah tulisan Cicah Siti Napisah atau biasa dipanggil Cicah, yang dituliskan didalam Majalah Dinding (Mading) “Jadi Apapun yang Baik”. Saat diminta membacakan tulisannya, Cicah hanya bisa menyelesaikan paragraf pertama saja.  Remaja usia 15 tahun itu menangis dan menggelengkan kepalanya kearah Irma Rahmat, Koordinator Tim Workshop Gratis “Jadi Apapun yang Baik”. Irma tersenyum sambil merangkul Cicah, dan mengucapkan terima kasih kepada gadis kelas 1 SMK itu karena sudah  berbagi cerita lewat tulisannya.

Ahad, 29 April 2012, dengan izin Allah SWT kami bersilaturahmi dan mengadakan Workshop singkat di Panti Asuhan Al-Hidayah, Desa Sukajaya, Kabupaten Cianjur Selatan. Perjalanan lebih dari 5 jam dengan mengendarai mobil dari Jakarta, kami tempuh dengan senang hati dan semangat. Seluruh tim “Jadi Apapun yang Baik” tak sabar ingin segera bertemu dengan anak-anak asuh Kyai Haji Dulhak Nasrullah, pimpinan Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Al-Hidayah. Dan seperti yang kami bayangkan, perjalanan yang melelahkan itu sirna seketika, begitu kami sampai disana.  Subhanallah.. Tiba-tiba saja mata kami terasa panas oleh air mata begitu melihat teman-teman kecil berlarian menghampiri dan menyalami kami. Alhamdulillaah.. Terima kasih ya Allah, karena telah mengizinkan kami tiba di Desa Sukajaya dengan sehat dan selamat. Semoga manfaat.🙂

Pertemuan di aula kami awali dengan do’a dan makan siang bersama teman-teman dan para pengurus Panti Asuhan Al-Hidayah Cianjur Selatan, dengan paket nasi kuning yang kami bawa dari Jakarta. Alhamdulillaah banyak sekali titipan dari teman-teman donatur tersayang bagi anak-anak di Panti Asuhan Al-Hidayah, Cianjur Selatan. Dari mulai donasi uang, barang, serta makanan. Semoga Allah SWT membalas kebaikan teman-teman semua dengan pahala dan kebaikan yang berlipat ganda. Aamiin.

Pelatihan singkat bertema “Berani Menuangkan Ide dan Mimpi lewat Tulisan” disampaikan oleh Irma Rahmat sebagai pemberi materi bagi teman-teman usia SD/Madrasah Ibtidaiyah, SMP/Madrasah Tsanawiyah dan SMA/SMK/Madrasah Aliyah. Melalui tulisan, diharapkan mereka dapat mengungkapkan apa yang mereka rasakan dan inginkan, juga dapat memberikan informasi  yang bermanfaat bagi orang banyak. Teman-teman di Panti Al-Hidayah juga mendapatkan informasi tentang darimana saja ide diperoleh, dimana saja mereka dapat menulis, dan topik-topik apa saja yang bisa dijadikan tulisan, dan sebagainya.

Kemudian teman-teman mendapatkan tugas untuk membuat Majalah Dinding secara berkelompok, disesuaikan dengan tingkatan sekolah (usia TK, SD, SMP, SMA), didampingi oleh Mutia, Sheila, Rengga, Mas Imam dan Mas Yoga, dari tim Jadi Apapun yang Baik.  Kami memberikan kebebasan bagi mereka untuk menentukan topik yang akan diangkat pada Mading masing-masing. Intinya, tulisan yang dibuat harus memberikan informasi dan kesan mendalam, serta bermanfaat bagi orang banyak.

Tak disangka, teman-teman di Panti Asuhan ini banyak sekali yang pandai menulis. Ustadz Dulhak dan para pengurus panti asuhan pun terkesima menyadari anak-anak asuhannya bisa membuat tulisan yang mengesankan. Didalam Mading, mereka berisikan cerita bagaimana mereka bisa sampai di panti asuhan, kesan-kesan mereka selama tinggal di panti, serta informasi yang ada disekitar panti dan apapun yang ingin mereka sampaikan, termasuk menulis puisi. Seperti puisi berikut ini, karya Dede Abdul Hadi, remaja putra yang sudah belasan tahun tinggal di Panti Asuhan Al-Hidayah :

Perjuangan dan Doa

Setitik embun dipagi buta

Sekeping harapan didalam jiwa

Dalam hening kuberdoa

Kala senja ku terlunta

Kuperas keringat

Berjuang penuh semangat

Panas tak terasa

Hujan tak ku kata

Perjuangan dan doa

Tegak membentangi jiwa

Keringat terbayar

Harapan tercapai

 

            Akhirnya tiba juga saat yang paling dinantikan, yaitu pengumuman dan pembagian hadiah bagi para pemenang Lomba Majalah Dinding. Seru sekali! Apalagi karena sebenarnya tim kami sudah menyediakan hadiah bagi masing-masing anak asuh di panti ini. Bahagia rasanya melihat mata teman-teman di panti berbinar-binar karena senang mendapatkan hadiah. Sampai tak terasa, maghrib pun menjelang dan tiba saatnya kami harus berpamitan pada teman-teman di panti Al-Hidayah usai shalat Maghrib berjama’ah. Tak lupa kami  menyerahkan titipan donasi barang dari para donatur, baik yang berupa pakaian, alat sholat, makanan, keju, madu, peralatan mandi dan lain sebagainya kepada Kyai Haji Dulhak Nasrullah sebagai pimpinan Panti Asuhan, dilanjutkan dengan pembagian goody bag kepada anak-anak dan para pengurus.

Kyai Dulhak menutup pertemuan hari itu dengan mengajak kami menengadahkan kedua tangan dan menundukan kepala bersama, sebagai tanda mengucapkan syukur atas karunia-Nya yang berlimpah, dan memohon kepada Allah SWT agar kami semua diberi waktu yang manfaat disepanjang usia yang panjang dan berkah, hingga silaturahmi kami tetap selalu terjaga.

Alhamdulillaah.. Terima kasih atas segala nikmat-Mu ya Allah, yang telah memberikan kami kesehatan dan kesempatan silaturahmi, berbagi ilmu dan rezeki kepada keluarga kami yang ada di Panti Asuhan Al-Hidayah Cianjur Selatan. Semoga manfaat bagi mereka, dan berkah-Mu berlimpah bagi kami semua. Aamiin.🙂

—–

PS:

Sahabat, foto-foto lainnya menyusul di folder Galeri ya!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s