Mengayun Langkah di Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Al-Manshuriyah

Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Al Manshuriyah merupakan sebuah Pondok Pesantren yang bergerak di bidang Pendidikan dan Sosial di Kelurahan Cipete, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. Adapun bidang pendidikan yang diberikan kepada anak-anak, remaja dan dewasa yang tinggal disekitarnya, meliputi pengajian dan keterampilan. Selain itu, Pondok Pesantren Al Manshuriyah juga mengelola pendidikan formal yaitu SDI (MI), SLTP (MTs.), SMK dan Informal (Ketrampilan) Sosial, meliputi pemeliharaan dan pendidikan 162 anak yatim, piatu, yatim piatu, dan fakir miskin yang dibina secara intensif.

 

Pondok Pesantren Al Manshuriyah didirikan pada tahun 1988 oleh Drs. Kyai Abuyah Ust. Manshur Al Maturidi, dibantu istrinya, Zurnie Kamili. Pada saat itu baru berdiri bangunan 3 bangunan kecil. Karena dua bangunan yang ada belum beratap, maka hanya satu bangunan yang sudah beratap genting yang bisa digunakan dalam keadaan memprihatinkan.

Zurnie atau biasa di panggil dengan sebutan Umi, bersama almarhum suaminya saat itu belum memiliki rumah tinggal. Pada akhirnya Umi memutuskan untuk menjual cincin miliknya dan membuat emperan disamping  satu  bangunan yang sudah ada beratap genting. Di tempat itulah Umi bersama almarhum suami  mengajar anak-anak siang, sore, dan malam. Saat itu belum ada santri-santri yang bermukim di pondok. Semakin lama murid Umi dan almarhum suaminya semakin banyak. Akhirnya Umi  memutuskan untuk menjual kalung mas kawinnya untuk menyelesaikan bangunan-bangunan yang belum dapat digunakan di tempat itu.

Pada tahun 1991 Kyai Abuyah Ust. Manshur Al Maturidi atau biasa disapa Pak Yayi, membuka jenjang pendidikan MTs (SMPI) karna banyaknya lulusan MI (SDI), dan beliau terus membangun. Pembangunan yang mulai dirintis pada saat itu adalah Masjid. Keadaan Masjid pada saat itu adalah sebuah langgar ukuran 3 x 5 m2 dengan satu buah sumur timba dengan kolam seadanya. Dan pembangunan tersebut terus berjalan hingga saat ini. Seiring pembangunan itu, beliau juga membuka pendidikan jenjang SMK yang baru berjalan dua tahun.  Dalam menjalankan operasional, pengurus pondok pesantren dan panti asuhan tidak membebankan biaya mereka kepada para santri. Mereka hanya mengandalkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)  dan dana yang diperoleh dari para donatur.

 

Awal tahun 2012, Pak Yayi jatuh sakit selama dua minggu, dan Allah SWT memanggilnya pada minggu ketiga disaat beliau sakit. Umi dan para santri tentu saja sedih dan tidak percaya saat Pak Yayi meninggal dunia pada 27 Januari 2012. Namun mereka yakin bahwa Allah Yang Maha  Kuasa atas seluruh makhluknya di dunia ini mengambilnya dengan sangat baik. Pak Yayi meninggal saat didampingi keluarga dan para santri tercinta dengan membaca kalimat thoyibah. Umi beserta santri merasa sangat begitu kehilangan. Terlebih Umi, hingga ia berjaji akan terus menjaga nama baik almarhum suaminya, menjaga amanahnya, dan meneruskan perjuangan Kyai Abuyah Ust. Manshur Al Maturidi sampai Allah memberi kejayaan pada Pondok pesantren yang selama ini beliau perjuangkan bersama. InsyaAllah. J

PONDOK PESANTREN AL MANSHURIYAH

(Pondok Pesantren, Panti Asuhan, Anak Terlantar, Ibtidaiyah, Tsanawiyah, SMK, Majelis Ta’lim, Sosial)

Jl. H. Rasuna Said

Kelurahan Cipete RT.02/05 Kecamatan Pinang Kota Tangerang

Telp. 021 – 9273 1303

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s